Tipe file sound yang dapat disisipkan dalam website

Beberapa tipe file sound yang dapat disisipkan dalam website, termasuk .waf, .midi, dan .Mp3. Faktor harus diperhatikan sebelum memutuskan format dan metode untuk menambahkan sound yang sesuai untuk pendengar, ukuran file, kualitas suara dan perbedaan dalam penggunaan browser.



Berikut ini adalah beberapa tipe file sound yang dapat disisipkan dalam website :
  1. .midi atau .mid (Music Instrument Digital Interface), adalah sebuah format audio untuk music instrumental. Tipe file ini didukung oleh semua browser dan tidak memerlukan plug-in. Untuk kualitas suara yang dihasilkan sangat bagus, namun juga tergantung dari sound card yang terpasang. Keunggulan dari file ini adalah ukuran filenya kecil tetapi dapat memainkan lagu dalam waktu cukup lama. File midi tidak dapat direkam, namun dapat diturunkan dikomputer dengan hardware dan software khusus.
  2. .wav (Wafeform Exstension), File ini memiliki kualitas suara yang bagus, didukung oleh semua browser, dan untuk menjalankannya tidak memerluka plug-in. Anda dapat merekan sendiri file WAV dari CD, tape, microphone, dan sebagainya.
  3. .aif (Audio Interchange File Format atau AIFF), Anda dapat merekam sendiri file AIFF dari CD, tape, microphone dan sebagainya. File ini juga memiliki ukuran yang terlalu besar, sehingga membatasi panjang file sound yang anda gunakan dalam halaman website.
  4. .mp3 (Motion Picture Experts Group Audio atau MPEG-Audio Layer-3), adalah format sound yang sudah dicompress sehingga memiliki ukuran yang kecil. Kualitas suara sangat bagus, dan jika direkam dan dicompress dengan benar maka kualitas bisa menyamai kualitas CD. Untuk menjalakannya anda membutuhkan file plug-in  dan anda tidak perlu men-download file terlebih dahulu karena file ini dapat dimainkan secara langsung. Untuk menjalankan file mp3, Anda harus men-download dan meng-Install aplikasi pendukung, seperti : QiuickTime, Windows Media Player atau RealPlayer


Previous
Next Post »