Pengertian SERVER




SERVER merupakan komputer yang berfungsi untuk mengontrol client pada sistem jaringan komputer. Tak jauh beda pula definisi server menurut Wikipedia, yaitu :
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.


Server juga dilengkapi dengan processor dan RAM yang pastinya sangatlah besar ukurannya. Pada umumnya didalam sisitem operasi server juga terdapat berbacam macam jenis layanan yang menggunakan arsitekstur Client/Server.
Beberapa contoh layanan tersebut meliputi : (1) Mail Server (2) DHCP (3) FTP Server (4) HTTP Server (5) DNS Server dan masih lagi yang lainnya.

Sebuah server juga terhubung dengan Client menggunakan kabel UTP dan sebuah Card Network. Kartu jaringan itu biasanya juga berupa PCI Card atau ISA.

Conton sistem operasi server dari windows adalah Windows NT 3.5.1, Windows NT 4.0, Windows 2000 server dan Windows Server 2013, dan kemudian Sun Solaris, Unix. Untuk sementara sistem operasi yang berbasis GNU/LINUX contohnya yaitu Ubuntu server, Debian server, Redhat, CentOS, dan sebagainya.

Terdapat banyak sekali fungsi dari server namum beberapa fungsinya ialah sebagai jaringan situs internet, ilmu pengetahuan namun fungsi terbesarnya ialah sebagai penyimpanan data pada jaringan komputer yang luas.
Previous
Next Post »