Belajar Fotografi


Fotografi.. Apa itu Fotografi ? Kata Fotografi tak asing bagi kita tapi apakah kalian tahu arti dari kata tersebut. Nah, untuk kalian yang belum mengerti silahkan simak penjelasn tentang Fotografi dibawah ini karena kali ini saya akan membuat coretan mengenai Seni Fotografi. Langsung seret kebawah untuk menyimak..

Yang pertama saya akan menjelaskan pengertian Fotografi. Fotografi adalah "Pengertian Fotografi adalah adalah seni atau proses penghasilan gambar dan cahaya yg terekam pada sensor yang dapat berupa film (seluloid) atau sensor digital (CCD/CMOS)" ada pula Pengertian Fotografi menurut Wikipedia, yaitu :

Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos" : Cahaya dan "Grafo" : Melukis/menulis.) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya.(wikipedia)
Dari banyaknya pengetian - pengertian namun inti dari Fotografi dapat dibilang sama yaitu "proses melukis dengan menggunakan media cahaya".

Bagaimana ? Anda sudah mengerti apa itu Fotografi ? Jika anda sudah kini waktunya anda untuk menyimak penjelasan selanjutnya mengenai 3 hal dasar terpenting yang perlu kalian mengerti dalam dunia Fotografi yaitu ISO, Aperture, dan Shutter Speed. Mengapa 3 hal dasar itu penting dalam Fotografi ? Karena 3 hal itu dapat mengajarkan kita agar dapat menjadi seorang Fotografer yang sangatlah Profesional. Simak penjelasannya dibawah ini.

ISO

ISO merupakan kemampuan atau tingkat sensitifitas sensor yang ada pada kamera terhadap cahaya yang didapatkan oleh kamera. Semakin besar angkat pada pengaturan ISO dikamera maka akan semakin sensitif dan besar cahaya didapat oleh kamera, ISO juga merupakan salah dari bagian Exposure Triangle dari dua bagian lain diantarnya Shutter Speed dan Aperture.

Aperture

Aperture adalah ukuran bukaan diagram lensa, untuk mengontrol seberapa banyak cahaya bisa melewati lensa menuju sensor yang terdapat pada kamera. Dengan menggabungkan shutter speed, ukuran bukaan diafragma akan mengatur derajat paparan cahaya (exposure light) yang mengenai film atau sensor gambar pada kamera.

Shutter Speed

Shutter Speed merupakan durasi waktu kamera membuka sensor untuk menyerap cahaya. Apabila semakin lama durasi sensor terbuka maka semakin banyak cahaya yang dapat masuk, sebaliknya juga bila semakin cepat durasi sensor terbuka maka akan semakin kecil cahaya yang dapat masuk diterima.

Selesai sudah sedikit penjelasan dari saya mengenai Fotografi, semua ilmu ini saya dapatkan dari sedikit pengalaman Fotografi saya dalam pelajaran Fotografi saat disekolah. Terimakasih saya ucapkan kepada anda semua yang membaca postingan ini. Semoga sedikit ilmu saya ini dapat bermanfaat.


Oldest

5 komentar

Click here for komentar
Anonim
content writter
25 February 2014 at 17:13 ×

ini nih yang saya cari gan... (h)

Reply
avatar
almuqorrobin rian
content writter
26 February 2014 at 16:08 ×

kalo bisa posting teknik2nya bro :D

Reply
avatar
zacky hammer
content writter
27 February 2014 at 05:00 ×

Oh oke mas, belum sempet buat teknik2nya.. :)

Reply
avatar
inungnie
content writter
28 February 2014 at 14:48 ×

Seneng fotografi ya....?
tengkyuuu for sharing ya....

Reply
avatar
zacky hammer
content writter
28 February 2014 at 19:45 ×

okeoke.. makasih juga udah berkunjung, sering2 ya..

Reply
avatar